sekilas info

Kamis, 29 Desember 2011

Biografi HENDRA GUNAWAN (Indonesia, 1918-1983).

Hendra Gunawan, artis, penyair, pematung dan pejuang gerilya, lahir di Bandung, ibukota Jawa Barat, pada tahun 1918. Selama masa mudanya ia bergabung dengan tentara pelajar dan merupakan anggota aktif dari Poetera (Pusat Tenaga Rakyat) dan organisasi yang dipimpin oleh Sukarno dan lain-lain. Ia juga aktif dalam Persagi (Asosiasi Pelukis Indonesia, sebuah organisasi yang didirikan oleh S. Soedjojono dan Agus Djaya pada tahun 1938.

Gunawan berkomitmen dalam pandangan politiknya, dan mengabdikan hidupnya untuk memerangi kemiskinan, ketidakadilan dan kolonialisme. Dia dipenjara di Kebon Waru atas keterlibatannya di Institut Budaya Populer (Lekra), sebuah organisasi budaya yang berafiliasi dengan komunis sekarang sudah tidak berfungsi Partai Indonesia (PKI). Gunawan penahanan dimulai pada tahun 1960 dan ia tidak dirilis sampai tahun 1978. Selama waktu ini, karya seninya itu jarang terlihat atau menulis tentang.

Salah satu peninggalan waktu artis di penjara adalah sekelompok sketsa kiri ke Nuraini istri keduanya. Dibuat dengan pensil atau tinta pada potongan-potongan kecil kertas, gambar-gambar catatan negara Gunawan pikiran selama ia menghabiskan waktu di penjara Kebon Waru. Menurut Jakarta Post, gambar meliputi:

"... yang sibuk kegiatan nelayan di pantai, ikan, kerbau, perempuan (mengarang, mengenakan sarung, telanjang, menari dengan wajah bertopeng), pria dan wanita dalam hubungan cinta yang intim, pria bertopeng, gerilyawan dan bentuk-bentuk abstrak lebih mengeksplorasi perasaan terdalam nya. "

Banyak karya Gunawan telah hilang, namun museum, dan kolektor swasta berada dan katalog lebih dari 120 lukisan dan sketsa, bersama dengan sebelas patung.
Masukkan Alamat Blog/Web Max 10 Url:
(

0 komentar:

Posting Komentar